Setetes Air Mata Cinta

Oleh : Syaikh Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan

Jumlah Halaman : xii + 240

SINOPSIS

----------

Ketika cahaya kenabian melemah dalam kehidupan umat dan mereka kurang berpegang teguh kepada Kitabullah dan Sunnah Nabi SAW, maka pengagungan tersebut juga melemah. Lalu sebagian kalangan yang terperdaya mencoba, baik karena kebodohan maupun kealpaan, menutupi kelemahan tersebut dengan mengadakan beberapa seremonial dan perayaan-perayaan yang tidak pernah dikenal oleh sebaik-baik generasi yang mengagungkan al-Mushthafa .

Demikian pula pemikiran Irja'i (yang dipengaruhi paham Murji'ah) yang menyertai penyimpangan ini mendukung bahwa mencintai Rasul SAW itu cukup sekedar kalimat-kalimat pujian yang dinyanyikan para penyenandung (munsyidun) dalam perayaan maulid dan berbagai momentum lainnya. Benarkah demikian?


Buku ini menjelaskan tentang hakikat dan tanda-tanda mencintai Nabi SAW, tentang ittiba`, hukum syar`i tentang perayaan maulid, dan lain-lain. Dijelaskan pula mengenai munculnya pujian-pujian kepada Nabi SAW dan perkembangannya sepanjang sejarah serta memberikan perhatian kepada kasidah paling populer dalam masalah ini: Kasidah Burdah karya al-Bushairi.Yang pasti kita mengingkari praktek-praktek bid`ah yang menodai kecintaan kepada Nabi SAW, dan dalam waktu yang sama kita juga mengingkari ketidakramahan kepada Nabi SAW. Berlebih-lebihan itu tertolak, demikian pula ketidakramahan tertolak dengan segala macam bentuknya. Tegasnya: Cinta Allah Ta'ala, ikuti Nabi SAW.

Joomla SEF URLs by Artio